Rabu, 21 Juli 2010

MOTIVASI SALES 3 : BELAJAR DARI LOMBA MEWARNAI


Seorang kawan yang bergerak dalam direct selling buku yang harga per setnya jutaan rupiah pernah bilang kepada penulis: “Jual buku murah atau jual buku mahal, cara dan energi yang dikeluarkan sama saja. Cuma yang membedakannya adalah target market dan hasilnya. Jual buku mahal target marketnya harus lebih selektif dan hasil penjualannya jauh lebih besar." Perkataan teman penulis itu ada benarnya.
Berikut sebuah game sederhana yang terpikir begitu saja ketika penulis memberikan motivasi kepada tim direct selling yang ada hubungannya dengan perkataaan teman saya itu.

Penulis menyediakan 2 lembar kertas dan 2 buah spidol besar. Pada kedua kertas itu penulis menggambar lingkaran, kertas yang satu lingkarannya kecil (1/4 luas kertas) dan kertas yang kedua lingkarannya besar (1/2 luas kertas). Kedua kertas tersebut beserta spidolnya diserahkan kepada 2 orang sales.

Kemudian penulis menginstruksikan kepada kedua sales tersebut untuk mengarsir/mewarnai lingkaran yang ada pada kertas yang dipegangnya dan diberi waktu 1 menit. Ajaib..pada detik terakhir ketika penulis mengatakan “Stop”, ternyata kedua sales telah mengarsir penuh lingkaran yang ada pada kertasnya. Mengapa bisa demikian?

Ternyata sebabnya adalah pada gerakan tangan si sales. Sales yang mengarsir lingkaran kecil, gerakan tangan saat mengarsir pendek-pendek. Sedangkan sales yang mengarsir lingkaran besar gerakan tangan saat mengarsir panjang-panjang. Kemudian motivasi sales yang mengarsir lingkaran besar ternyata lebih kuat untuk bisa selesai sama dengan rekannya yang mengarsir lingkaran kecil.

Pembaca, dari game sederhana ini dapat diambil pelajaran sebagai berikut:
•Lingkaran Besar dan Lingkaran Kecil adalah perumpamaan target penjualan sedangkan gerakan tangan mengarsir diumpamakan upaya sales untuk melakukan penjualan.
•Agar dapat dicapai hasil penjualan yang maksimal, biasakanlah sales menetapkan target yang besar. Karena dengan target yang besar, seluruh potensi berfikir, tenaga dan kemampuan si sales akan lebih dimaksimalkan.
•Ternyata apa yang dikatakan teman saya diatas benar dan teruji.
•Game ini cocok juga untuk memaksimalkan usaha entrepreneurship.

Mungkin Anda mau mencoba game ini? Silahkan dan tuliskan kesimpulan Anda demi kemajuan Anda sendiri. Terima kasih. Semoga bermanfaat.