Rabu, 03 November 2010

MOTIVASI SALES 4 : TIPS MENGUSIR KERAGUAN MELAKUKAN PENAWARAN


Tidak ada hal lain yang bisa menjadikan seorang sales berhasil melakukan penjualan adalah dengan melakukan banyak aktivitas penawaran. Dalam aktivitas penjualan buku saya menetapkan perbandingan keberhasilan penjualan itu 5:1. Artinya dari 5 orang yang ditawari insya Allah minimal 1 orang akan membeli.

Tetapi kenyataannya banyak sales di lapangan yang tidak dapat melakukan hal itu. Kadang ketika dia bertemu dengan calon pembeli atau sudah berada di depan kantor/gedung yang akan dimasuki, muncul sebuah KERAGUAN atau bahkan KETAKUTAN untuk melakukan penawaran. Ragu akan mendapatkan sambutan yang ramah, ragu terjadi transaksi penjualan. Takut ditolak, takut dilarang masuk dll.

Untuk mengusir perasaan tersebut, dalam kesempatan ini saya hanya ingin mengatakan LEBIH BAIK ANDA MELAKUKAN PENAWARAN daripada tidak. Jika Anda tidak melakukan penawaran maka Anda hanya akan mendapatkan 2 hal, yaitu GAGAL dan SEMAKIN MELEMAHNYA MOTIVASI Anda sebagai seorang sales. Tetapi jika Anda mengusir keraguan itu dan melakukan Penawaran, setidaknya Anda mendapatkan 5 hal, yaitu:
1.Terjadi transaksi penjualan
2.Meski tidak terjadi transaksi penjualan saat itu, Anda mungkin mendapatkan janji pembelian di masa yang akan datang
3.Anda bisa mendapatkan referensi orang yang bisa Anda tawari
4.Anda bisa mendapatkan berbagai informasi: kelebihan dan kekurangan produk yang Anda tawarkan, keunggulan produk pesaing, alasan-alasan orang menolak penawaran Anda. Semuanya itu bisa memperbaiki kemampuan menjual Anda di masa yang akan datang.
5.Relasi dan Pengalaman Anda bertambah.

Kalau Anda berfikir minimal 5 hal positif tersebut diatas, saya berharap TIDAK ADA LAGI KERAGUAN untuk melakukan penawaran. Pastikan kesuksesan akan Anda raih.

Tidak ada komentar: