Rabu, 24 Maret 2010

HAKIKAT KEKAYAAN

Hakikat kekayaan bukan terletak pada seberapa banyak materi yang kita "akui" milik kita. Kekayaan yang hakiki terletak pada seberapa besar kita dapat mensyukuri segala apa yang kita miliki.
Suatu ketika saya sempat bercakap dengan seorang Pengusaha yang saya nilai cukup berhasil. Segala fasilitas telah beliau miliki. Dalam kesempatan itu saya sampaikan betapa bahagianya menjadi seorang pengusaha yang telah berhasil. Dengan tawanya yang khas terlontar ucapan yang membuat saya terkesima. "Jangan mengukur kebahagiaan itu dari kekayaan materi atau kesuksesan yang diraih. Kebahagiaan itu bisa dimiliki oleh siapa saja yang mau mensyukuri apa yang telah dimilikinya. Ketika saya melihat orang-orang yang lebih sukses (beliau menyebutkan beberapa nama) dari saya, saya merasa kecil dan belum apa-apa. Tetapi ketika saya melihat mereka yang kondisinya di bawah saya, saya merasa besar dan bahagia karena kesuksesan yang telah diraih." timpalnya. Kata-kata itu begitu berbobot dan bertenaga karena terucap dari lisan orang yang selama ini saya kagumi.
Bandung, 24 Maret 2010

Tidak ada komentar: