Kamis, 08 Juli 2010

MOTIVASI SALES 1 : BELAJAR FOKUS DARI LOMBA LARI


Fokus adalah memusatkan segenap kemampuan dan potensi yang dimiliki pada target/sasaran yang ditetapkan. Tidak akan ada kesuksesan mencapai target/sasaran yang telah ditetapkan kalau kita tidak fokus. Orang yang fokus pada target/sasaran, dia tidak akan membagi pikiran, tenaga dan waktunya dengan hal lain sebelum mencapai target yang ditujunya. Bagaimana Anda bisa FOKUS? Mari belajar fokus dari game lomba lari berikut:

Ajaklah seorang teman Anda untuk beradu cepat lari dengan Anda. Jaraknya 50 meter aja cukup. Setelah posisi Anda berdua siap beri aba-aba, misalnya 1-2-3 start! Siapa yang lebih cepat, Anda atau teman Anda?
Sekarang Anda ajak kembali teman Anda beradu cepat lari dengan jarak yang sama, tapi dengan peraturan sebagai berikut:
•Orang yang KALAH pada lomba lari pertama berlari dengan cara yang sama pada saat lomba lari pertama
•Orang yang MENANG pada lomba lari pertama tidak boleh berlari dengan cara yang sama pada lomba lari pertama tetapi harus berlari dengan cara membuka kedua kaki lebar-lebar (istilah sunda: nyangegang).
Setelah posisi Anda berdua siap, beri aba-aba 1 s.d 3 dan start bersamaan. Kira-kira siapa yang akan memenangkan perlombaan kedua? Pengalaman saya, pelari dengan cara pertamalah yang akan memenangkan perlombaan.

Pembaca, game ini memberikan pelajaran berharga bahwa:

1.Pada lomba lari pertama, dua orang yang memiliki potensi berbeda dan keduanya mengerahkan segenap potensinya (kemampuan berlari) untuk mencapai target yang sama (50 m) maka hasilnya orang yang memiliki potensi yang lebih unggul yang akan lebih cepat mencapai target atau memenangkan perlombaan.
2.Pada lomba lari kedua, orang yang memiliki potensi yang lebih unggul tetapi dia tidak fokus karena potensinya terbagi dua atau lebih target (misalnya bekerja di dua atau lebih tempat) maka dia dapat dikalahkan oleh orang yang memiliki potensi lebih rendah dari dia, tetapi bekerja fokus.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: