Kamis, 08 Juli 2010

MO SUKSES? FOKUS AJA!!


Fokus adalah memusatkan segenap kemampuan dan potensi yang dimiliki pada target/sasaran yang ditetapkan. Tidak akan ada kesuksesan mencapai target/sasaran yang telah ditetapkan kalau kita tidak fokus. Orang yang fokus pada target/sasaran, dia tidak akan terpengaruh oleh halangan ataupun rintangan saat dia berupaya mencapai target yang ditujunya. Bagaimana Anda bisa FOKUS? Berikut beberapa game yang bisa Anda lakukan sendiri atau bersama tim Anda. Oh iya game ini saya peroleh pada session motivasi saat saya bekerja sebagai Agen Direct Selling di sebuah distributor buku.

Silahkan Anda berdiri berhadapan dengan teman Anda, jaraknya kurang lebih 2 meter. Kemudian Anda angkat dan acungkan telunjuk kanan Anda di depan wajah Anda dengan jarak 1 (satu) siku. Pusatkan perhatian Anda pada teman Anda yang berdiri di depan Anda. Lihat wajahnya. Perhatikan matanya, bentuk alisnya, hidungnya, tahi lalatnya, kumisnya atau bahkan warna kancingnya. Sekarang jawablah pertanyaan ini: Pada saat Anda memperhatikan teman Anda dengan detil, apakah telunjuk Anda terlihat jelas? Atau mengganggu pandangan Anda? Pengalaman saya, telunjuk yang ada di hadapan saya waktu itu sama sekali tidak menghalangi saya untuk memperhatikan detil teman saya. Bahkan seakan-akan telunjuk itu hanya berupa bayangan/tirai tipis atau saking fokusnya kita melihat teman, telunjuk itu seakan-akan tidak ada.

Masih pada posisi semula dengan telunjuk di depan wajah Anda, coba perhatikan dengan seksama detil telunjuk Anda. Perhatikan sidik jarinya, kukunya panjang atau pendek, bersih atau kotor, dan apa saja keunikan pada jari yang Anda miliki. Sekarang jawablah pertanyaan ini: Pada saat Anda memperhatikan detil telunjuk Anda, apakah detil teman Anda terlihat jelas? Pengalaman saya, jangankan detil mata, hidung, atau kumisnya keberadaan tubuhnya saja menjadi kabur.

Pembaca, dalam game ini teman Anda yang lebih besar dari telunjuk Anda adalah perumpamaan dari kesuksesan besar yang ingin Anda capai. Sedangkan telunjuk adalah perumpamaan dari rintangan/halangan yang akan Anda temui saat berusaha mencapai target besar tersebut. Jika Anda fokus pada target/sasaran Anda, halangan/rintangan itu akan terasa kecil bahkan terasa tidak ada. Namun jika Anda lebih fokus pada halangan/rintangan, kesuksesan itu sendiri yang akan menghilang dari pandangan Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: