Selasa, 29 Juni 2010

KUALITAS DIRI NOMOR SATU, BARU ALAT PENDUKUNG

Seorang kawan yang bergerak dalam usaha percetakan (sablon) bercerita bahwa beberapa bulan terakhir usahanya tidak bisa jalan karena dia sudah tidak mempunyai Handphone. Dengan penuh semangat dia menceritakan saat dia masih punya HP order selalu ada. Ujung-ujungnya dia minta bantuan kreditan HP. Sebagai kawan saya coba membantunya dengan mengambil kreditan HP. Tetapi belum kreditan HP itu selesai, HP sudah raib dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Usahanya kembali mandeg.

Seorang kawan yang lain yang bergerak dalam agen penjualan langsung suatu produk mengeluh usahanya tidak berjalan sesuai dengan harapannya karena dia tidak punya motor. Dengan penuh semangat dia menceritakan andai dia punya motor, dia bisa membangun jaringan pelanggan sebanyak-banyaknya. Dia tidak akan terbebani ongkos kirim yang terlalu besar, tidak akan mengalami keterlambatan mengirim pesanan, dll. Akhirnya dia berhasil mengajukan pinjaman ke Bank dan membeli sebuah motor. Beberapa bulan aktivitas usahanya meningkat, tetapi kemudian saat bertemu dia mengeluh usahanya mengalami kelesuan, setoran ke penerbit terpakai dan dia terlilit masalah hutang. Usahanya mandeg.

Sewaktu saya menggunakan motor kantor produksi tahun 1998 setiap berangkat kerja atau pulang kerja saya selalu tersalip oleh adik saya yang menggunakan motor tahun 2004. Pikir saya pantas saja saya ketinggalan, motornya jadul dan kurang tenaga. Beberapa bulan kemudian saya tukaran motor dengan adik, karena motor itu saya beli dari dia sedangkan adik saya menggunakan motor kantor tahun 1998-an itu. Tapi anehnya, tetap saja saya selalu tersalip dan tertinggal. Bahkan meskipun saya start 5 menit lebih awal, adik saya selalu dapat menyalip. Keberanian dia ngebut, nyalip kendaraan lain, penguasaan jalur kunci dia bisa lebih cepat dari saya

Dari ketiga cerita tersebut saya mencoba menarik pelajaran bahwa alat sebenarnya hanyalah ALAT PENDUKUNG KESUKSESAN. Untuk SUKSES setiap orang harus meningkatkan KUALITAS DIRI terlebih dahulu. Jika Anda mempunyai KUALITAS DIRI yang hebat, tanpa alat pun sebenarnya ANDA DAPAT SUKSES. Sehebat apa pun alat/sarana/prasarana yang kita miliki kalau kualitas diri penggunanya rendah tetap saja tidak akan dapat diraih kesuksesan yang diharapkan. Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar: