Kamis, 11 November 2010

MOTIVASI SALES 6 : TIDAK CUKUP SATU ALASAN UNTUK SUKSES.…

Masih teringat pengalaman di awal saya memasuki dunia kerja sebagai seorang sales. Pada session perkenalan sales baru, saya dan kawan-kawan yang baru bergabung + ada 9 orang diminta satu demi satu untuk menyatakan ALASAN kenapa kami menandatangani kontrak kerja. Ada berbagai alasan yang disampaikan, baik satu ataupun beberapa alasan, diantaranya:
1. Saya bergabung untuk mendapatkan penghasilan dan coba-coba barangkali ada kecocokan pekerjaan
2. Saya bergabung untuk mendapatkan penghasilan dan menimba pengalaman
3. Saya bergabung untuk mendapatkan penghasilan, menimba pengalaman dan suka bergaul/menjalin hubungan dengan banyak orang
4. Saya bergabung untuk mendapatkan penghasilan, menimba pengalaman, suka bergaul dan suka dengan produk yang ditawarkan.
5. Saya suka bergabung untuk mendapatkan penghasilan, menambah pengalaman, suka bergaul, suka dan melihat prospek dengan produk yang dijual dan melihat prospek cerah dari pekerjaan ini.
Setiap sales baru menyampaikan alasannya, serta merta disambut tepuk tangan dan sambutan luar biasa dari sales lama maupun sales baru lainnya. Semua mendapatkan kegembiraan yang sama hari itu. Hari itu pun mulailah kami para sales baru dibimbing para coordinator.

Sore hari disaat semua pulang dari lapangan. Ada beberapa sales baru yang tidak kembali lagi ke kantor. Para coordinator bilang mereka merasa tidak mampu melakukan pekerjaan sebagai sales buku. Dalam 1 minggu sejak perkenalan awal, sales baru yang tersisa hanya 3 orang. Artinya 7 orang mengundurkan diri.

Saya mencoba mengingat kembali hubungan mundurnya 7 orang sales baru itu dengan ALASAN yang mereka kemukakan saat pertama kali menandatangani kontrak. Rata-rata mereka yang mundur itu adalah yang menyampaikan hanya 1-3 alasan tersebut di atas. Sedangkan yang menyampaikan 4-5 alasan ternyata masih bertahan. Bahkan saat ini, 10 tahun sejak saat itu, ketiga orang yang bertahan itu masih bertahan dengan dunia penjualan buku. Saya menjadi kepala pemasaran sebuah penerbitan, 2 orang lagi berwiraswasta sebagai Distributor Buku dengan kehidupan yang cukup mapan.

Kesimpulan dari cerita ini adalah : Jika Anda ingin sukses dalam satu pekerjaan, misalnya sebagai Sales produk apapun, buatlah sebanyak-banyaknya alasan positif mengapa Anda melakukan pekerjaan itu. Karena jika satu alasan tidak tercapai masih ada harapan Anda bisa memenuhi alasan lainnya sampai Anda mencapai titik MAHIR/PROFESIONAL pada bidang pekerjaan Anda itu. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: